THE KITE RUNNER

26.4.09

gw baru aja nyelesein satu novel yang superduperoke berjudul THE KITE RUNNER yang dikarang oleh Khaled Hosseini. kutipannya kaya gini:


Aku memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil keputusan, untuk menentukan apa jadinya diriku. Aku bisa melangkah memasuki gang itu, membela Hassan dan menerima apa pun yang mungkin menimpaku. 
Atau, aku bisa melarikan diri. 
Akhirnya, aku melarikan diri.

novel ini pernah jadi New York Times bestseller, katanya juga udah terjual 8juta kopi di seluruh dunia. filmnya juga terkenal. dan gw yakin banyak di antara kalian yang udah baca. tapi, gw baru baca sekarang.

gw beli novel ini dua bulan yang lalu, tapi gw baru berasa pengen baca kemaren", sesaat sebelum UAN. gw baru baca dikit, trus gw simpen sampe uan selesai. sabtu kemaren, gw mulai baca lagi.

sebenernya dari awal uda ada banyak bagian yang membuat gw tersentuh, dan alhasil, gw menangis tersedu-sedu sampe 2 kali pas baca buku ini. ceritanya super sedih, dan masih ada banyak hal lain yang menyentuh hati gw dengan kejujuran yang ada di novel ini. menurut gw, cerita yang ditulis berdasarkan sudut pandang Amir sangat jujur dan realistis, ga dibikin", dan manusiawi banget kalo kita merasakan hal yang sama seperti Amir. dibalik kata-kata Amir, banyak juga pesan yang bisa kita ambil.

selain itu, novel ini lumayan menambah wawasan gw tentang konflik yang ada di Afghanistan sejak tahun 1980-an. Afghanistan diduduki Rusia, trus akhirnya pas perang dingin usai ada kelompok Taliban yang masuk dan sepertinya membawa secercah harapan bagi penduduk negara itu, eh tapi yang ada mereka malah tambah menderita.

dan yang paling penting, novel ini menyadarkan gw.

menyadarkan gw kalo Tuhan itu mahabaik dan rencana-Nya pun baik

menyadarkan gw kalo gw seharusnya lebih banyak bersyukur

pas ujian nasional selesai, gw memaki" dalam hati betapa ga adilnya pemerintah gara" gw denger desas-desus kalo soal uan untuk swasta itu lebih susah daripada soal negeri. gw bener" kesel, dan gw bener" merasa diperlakukan ga adil. gw pengen banget marah-marah ke semua orang, dan mengutuk pemerintah kita yang bisanya cuma ngurusin gimana caranya biar kepilih jadi presiden lagi.

tapi ternyata Tuhan punya rencana lain.

gw percaya banget kalo Tuhan yang ngegerakin hati gw untuk nunda baca Kite Runner, dan Tuhan juga yang gerakin hati gw untuk ngelanjutin baca lagi. supaya gw bisa tau, bisa ngerti, apa sih adil itu.

Indah Permatasari, yang terlahir sebagai anak bungsu di sebuah keluarga yang cukup harmonis dan secara ekonomi ga kurang" amat, yang dari kecil dimanja, yang selalu disayang sama orang-orang yang disekitarnya, ternyata hampir ngga pernah diperlakukan ga adil.

jadi, sekalinya gw merasa hidup ini ga adil, gw langsung bete, gw langsung marah-marah, gw kesel, dan gw jadi benci setengah mati.

setelah gw baca the kite runner, hati gw tertohok, jadi cuma segitu ndah? cuma segitu hati lo yang supersempit untuk nerima ketidakadilan yang ada? coba pikirin orang-orang Afghanistan saat dijajah, yang digambarin di novel kite runner, yang notabene gambaran itu diambil dari realita. coba pikirin mereka yang kehilangan keluarga, harus hidup dalam ketakutan, dibunuh dan mayatnya ditelantarkan. itu juga ga adil bagi mereka. dan kalo dibandingin sama ketidakadilan yang lo alami, ga ada apa-apanya.

sambil nangis sesengukan, gw langsung bersyukur sama Tuhan, berterima kasih kalo gw uda dikasi kehidupan yang layak dijalani, uda dikasih keluarga yang baik, dikasih organ tubuh yang lengkap tanpa cacat sedikitpun. bersyukur gw masih bisa ngliat matahari setiap pagi, bersyukur gw masih bisa makan, bersyukur gw masih bisa sekolah, dan banyak lagi.

setelah baca The Kite Runner, gw berharap gw bisa inget terus untuk bersyukur, bahwa sebenarnya Tuhan itu baik. apapun yang gw alami, semuanya hanya untuk kebaikan gw sendiri. semoga aku terus ingat itu Tuhan.

for you a thousand times over!
-Hassan-

0 comments: